Virtual Office dan Virtual Account, apa ya?

Posted by
Virtual Office merupakan istilah umum untuk suatu lingkungan yang memungkinkan jaringan rekan kerja untuk menjalankan usaha secara efisien dengan menggunakan teknologi komunikasi online. Pengguna dapat mengakses data dari perangkat apapun (PC, Laptop, PDA, Smartphone, de el el. yang dilengkapi web dan internet.

Meskipun virtual, juga ada kantornya, yang menawarkan berbagai layanan seperti layanan telepon, layanan faks, dan layananan web hosting. Anggota tim virtual berkomunikasi secara elektronik, sehingga mereka mungkin tidak pernah bertemu muka. Namun sebagian besar tim akan bertemu pada suatu waktu. Virtual tim ini tidak berarti teleworker karena terlalu banyak tim virtual dalam organisasi terdiri dari karyawan baik yang bekerja di rumah dan kelompok-kelompok kecil di kantor.




Tujuan Virtual Office adalah sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya yang salah satunya adalah pengurangan penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Sebuah kantor virtual dapat memberikan penghematan yang signifikan dan fleksibilitas dibandingkan dengan menyewa ruang kantor tradisional. Kantor virtual merupakan implementasi dari upaya otomisasi perkantoran yang bertujuan membantu pemilik atau karyawan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Keuntungan dan kekurangan dari Virtual Office
Dalam kantor maya ini ada keuntungan dan kelemahan, diantaranya adalah
a) Keuntungan

  • Beberapa anggota tim virtual tidak perlu datang ke tempat kerja, sehingga perusahaan tidak perlu mempekerjakan cleaning service, atau ruang parkir. Sebab pada dasarnya dengan bekerja tanpa tatap muka pun, virtual office telah mendukungnya.
  • Mengurangi biaya perjalanan karyawan. Karena karyawan tidaklah harus bertemu pada satu lokasi yang sama dan waktu yang terburu – buru. Karyawan hanya menyalakan komputer dan duduk manis pada waktu yang bersama.
  • Memungkinkan perusahaan mendapatkan karyawan yang berbakat tanpa batasan geografis. Geografis memanglah bukan kendala dalam Virtual Office ini. Pekerja menjadi lebih fleksibel. Karyawan hanya duduk dan saling berkomunikasi di waktu yang sama, meskipun tanpa tatap muka.

b) Kelemahan

  • Kesulitan dalam mengelola kinerja tim. Karena tidak adanya tatap muka, jadi pembentukan susunan kinerja juga menjadi kendala, termasuk dalam pengelolaannya
  • Kesalahpahaman dalam komunikasi. Komunikasi yang tidak adanya interaksi sosial, juga dapat menjadikan sebuah masalah bagaimana menyikapi terhadap sesuatu. Terjadi perbedaan sudut pandang, jadi wajar saja jika dalam organisasi maya ini terjadi salah paham.
  • Bekerja pada sebuah proyek melalui virtual workspace menyebabkan kurangnya visibilitas proyek.
  • Kesulitan menghubungi anggota lain ( pesan instan). Pesan yang di sampaikan selalu berbau instan dan jarang untuk bertatap muka. Jadi dalam hal ini juga menyulitkan beberapa karyawan yang ingin menyampaikan apa yang ia mau dan si komunikan yang menerima pesan itu dapat mengerti dengan baik dan benar. Perbedaan zona waktu. Perbedaan waktu juga harus di perhatikan dalam organisasi maya ini geografi memang tidak masalah, tapi dari segi waktu harus diperhatikan.

Hotelling dan telecommuting adalah beberapa bentuk dari virtual office. Hotelling merupakan suatu metode yang mendukung konsep dari kantor maya dimana perusahaan menyediakan fasilitas sentral yang dapat dipakai bersama-sama oleh pegawai karena kebutuhan akan ruang kantor dan sarana penunjang kantor lainnya terus meningkat. sedangkan telecommuting berfokus pada sekelompok pegawai kantor yang dapat melakukan semua pekerjaan mereka dirumah.

Telecommuting berarti susunan karyawan yang dapat menikmati fleksibilitas dalam lokasi dan kerja. Dengan kata lain, setiap hari pulang-pergi ke tempat kerja digantikan oleh telekomunikasi link.Jarak jauh yang difasilitasi oleh telework seperti jaringan virtual private, videoconferencing, dan voice over IP ( VOIP) dapat efisien dan berguna bagi perusahaan karena dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.

Telecommuting juga telah memberikan berbagai pilihan yang dapat meningkatkan kerja seperti orang cacat, dan orang yang tinggal di daerah terpencil juga dapat bekerja, dan sambil bersantai ditaman mereka dapat bekerja menggunakan laptop dan wifi. Manfaat dari telecommuting ini yaitu dipandang sebagai solusi untuk kemacetan lalu lintas.

Telecommuting sangat menghemat biaya dan waktu. Jadi dapat disimpulkan bahwa telecommuting merupakan bekerja secara jarak jauh, dimana pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan berada ditempat yang terpisah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan internet. Hampir semua pekerjaan yang bisa ditelecommutingkan, terutama yang bisa diselesakan melalui komputer seperti programmer, graphic designer, server administrator, accountant, writer, drafter, blogger, dll.

Virtual Account

Kita sering mendengar istilah virtual account. Namun apa sebenarnya virtual account dan fungsinya yang biasa kita kenal dalam aktivitas banking itu? Dikutip dari website BCA:


Perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengan BCA untuk menggunakan Virtual Account akan mendapatkan sejumlah nomor rekening yang nantinya digunakan oleh para nasabah perusahaan tersebut. Artinya, masing-masing nasabah perusahaan tersebut akan memiliki nomor rekening khusus yang akan mereka gunakan untuk melakukan penyetoran.


Disebut virtual account karena setoran yang masuk ke rekening tersebut hanya sesaat. Begitu sampai ke proses batch (proses induk komputer melakukan transaksi akhir hari) maka saldo dari setoran akan dipindahkan ke rekening perusahaan induk, sehingga rekening virtual nasabah akan selalu nihil. Sedangkan keesokan harinya pada rekening induk akan muncul laporan transaksi kredit/setoran yang secara rinci menjelaskan: siapa saja penyetor dan jumlah setoran masing-masing penyetor. (sumber: website BCA)


Artinya, nomor rekening tujuan transfer virtual itu hanya diketahui oleh masing-masing pelanggan, sehingga setiap pembayaran atau transfer melalui virtual account tersebut bisa dianggap sebagai pembayaran oleh pelanggan tertentu.

Siapa saja yang bisa memanfaatkan virtual account ini? Beberapa di antaranya adalah:
  1. Perusahaan yang memiliki banyak pelanggan.
  2. Sekolah/universitas untuk mengidentifikasi pembayaran dari siswa.
  3. Pemerintah pusat maupun daerah, bisa juga digunakan untuk mengidentifikasi pembayaran wajib pajak dengan memberikan virtual account untuk tiap NPWP atau NPWPD (wajib pajak daerah).
  4. Singkatnya, virtual account adalah nomor rekening virtual, tetapi berupa rekening tanpa buku rekening maupun kartu debit.

Keuntungan memiliki Virtual Account :
  • Mempermudah distributor dalam melakukan transfer pembelanjaan
  • Mempercepat proses order
  • Merupakan sarana yang lebih aman dalam melakukan transfer uang melalui bank
  • Setiap distributor memiliki nomor rekening sendiri yang unik dan berbeda satu sama lainnya

Contoh: Jika nomor ID distributor adalah: ID1111112, maka nomor virtual accountnya adalah 00179-1-1111112 IDW1111112, maka nomor virtual accountnya adalah 00179-2-1111112 US1111112, maka nomor virtual accountnya adalah 00179-3-1111112.
Nomor Virtual Account Anda • Setiap distributor memiliki nomor account masing-masing • Nomor account identik dengan nomor ID distributor • Terdiri dari 13 digit: 00179-A-BBBBBBB 00179 (5 digit) g Ditentukan oleh BCA untuk Nu Skin A g Pembeda prefix ID masing-masing distributor (1 untuk ID, 2 untuk IDW, 3 untuk non ID)

Bagaimana cara mengaplikasikan virtual account? Easy pay via Virtual Account (VA)...
Misalkan, mahasiswa ingin melakukan pembayaran kuliah. Dengan VA, setiap mahasiswa akan memiliki nomor rekening pribadi yang digunakan sebagai rekening tujuan pada saat melakukan pembayaran uang kuliah. Nomor VA bersifat unik sehingga nomor VA seorang mahasiswa tidak mungkin sama dengan nomor VA mahasiswa lainnya. Manfaat utama dari virtual account adalah kemudahan pengenalan pembayaran mahasiswa pada bagian administrasi. Pada saat melakukan pembayaran, mahasiswa tidak perlu lagi menulis nama atau NIM pada catatan bank, karena setiap nomor VA sudah melekat pada NIM tertentu. Dengan demikian mahasiswa terhindar dari kesalahan penulisan pada kolom catatan bank. Manfaat lainnya bagi mahasiswa adalah kemudahan pembayaran karena selain melalui setor tunai, pembayaran juga bisa dilakukan melalui kanal-kanal lainnya seperti ATM, Mobile/SMS Banking, dan Internet Banking sesuai dengan layanan yang tersedia pada bank yang bersangkutan.

Pembayaran bisa dilakukan melalui kantor cabang (teller), ATM, Mobile/SMS Banking, Internet Banking dan lain-lain sesuai dengan layanan yang tersedia pada bank yang bersangkutan. Pembayaran dilakukan dengan cara yang kurang lebih sama seperti pada saat kita melakukan penyetoran tunai atau transfer dana di bank. Bedanya pada saat menuliskan nomor rekening tujuan, bukan nomor rekening kampus yang ditulis, melainkan yang ditulis adalah nomor VA mahasiswa yang bersangkutan.

Pembayaran bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari rekening siapa saja (untuk selain setor tunai), yang penting ditujukan ke nomor VA mahasiswa yang bersangkutan. Untuk pembayaran melalui selain setor tunai, seperti tranfer, internet, sms, mobile; pembayar harus memiliki rekening pada bank yang bersangkutan. Penyediaan Virtual Account diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi setiap mahasiswa a dalam melakukan pembayaran uang kuliahnya. Di sisi lain, pihak kampus juga akan lebih mudah mengenali pembayaran uang kuliah setiap mahasiswanya.

Cara Melakukan Transfer ke Virtual Account (misal, via ATM BCA)
» ATM BCA Pilih Transaksi Lainnya
» Transfer Ke Rek BCA
» Virtual Account
» Masukkan Nomor Virtual Account Anda
» Masukkan Jumlah yang Ingin Ditransfer
» Pilih YA (setelah konfirmasi nomor virtual account & jumlah transfer)

-- Tidak ada komentar --

Posting Komentar

Search Form

JOMBLO Greget Powered by Blogger.